Nih, Update Terbaru dari WHO Soal Omicron! Serem Nggak Sih?

Nih, Update Terbaru dari WHO Soal Omicron! Serem Nggak Sih?

Jakarta, CNBC Indonesia - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan gambaran terbaru tentang virus corona varian baru, omicron. Apakah betul omicron berbahaya? Apakah lebih sadis ketimbang varian delta yang mengerikan itu?


"Pada 28 Oktober 2021, kasus omicron sudah terdeteksi di sejumlah negara dan ada kemungkinan penyebaran lebih luas. Ada bukti awal bahwa omicron berisiko untuk lolos dari sistem imun tubuh dan/atau tingkat penyebaran yang lebih tinggi.


"Oleh karena itu, risiko terkait varian yang patut diwaspadai (Variant of Concern/VoC) omicron sangat tinggi. Bukti-bukti lebih lanjut akan dilaporkan setelah informasi tersedia," papar laporan mingguan WHO untuk pekan yang berakhir 28 Oktober 2021.










coronaSumber: WHO


Penyebaran virus corona saat ini, lanjut laporan WHO, masih didominasi oleh varian delta sementara varian lain mulai menurun. Sejauh ini, delta masih lebih menyebar luas ketimbang VoC lainnya, termasuk omicron yang penyebarannya masih terbatas di beberapa negara.


Dari 839.119 data tes yang dilaporkan ke WHO dalam 60 hari terakhir, varian delta sangat dominan dengan 99,8%. Sementara varian lain seperti gamma, alpha, beta, mu, lambda, dan omicron masing-masing kurang dari 0,1%.

Halaman Selanjutnya --> Begini Gambaran Pandemi Covid-19 Terkini