Jurusan Manajemen Pajak, Belajar Apa Aja Sih?

Jurusan Manajemen Pajak, Belajar Apa Aja Sih?

Manajemen Pajak merupakan segala usaha yang dilakukan oleh wajib pajak, dalam tata kelola perpajakannya, agar tetap sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku dan dilakukan dengan efektif dan efisien.

© istimewa Manajemen Pajak merupakan segala usaha yang dilakukan oleh wajib pajak, dalam tata kelola perpajakannya, agar tetap sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku dan dilakukan dengan efektif dan efisien.


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Manajemen Pajak merupakan segala usaha yang dilakukan oleh wajib pajak, dalam tata kelola perpajakannya, agar tetap sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku dan dilakukan dengan efektif dan efisien.

Bidang ini pula, sebagai proses meminimalisir beban pajak, namun tetap berada pada jalurnya, yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

Untuk melakukan proses manajemen perpajakan dengan baik, sedikitnya ada 3 syarat yang perlu disanggupi. Diantaranya, pertama tidak melanggar peraturan yang berlaku, kedua harus rasional atau tidak mengada-ada, dan terakhir harus didukung dengan bukti-bukti valid.

Selain pemahaman mendalam mengenai tata kelola perpajakan, mahasiswa/i jurusan Manajemen Pajak, juga dibekali beberapa keterampilan khusus sebagai berikut:

1. Mampu menyusun Laporan Keuangan komersil berdasarkan standar dan kebijakan akuntansi yang telah ditentukan.

2. Mampu menyusun Laporan Keuangan Fiskal berdasarkan undang–undang perpajakan dan peraturan–peraturan praktis lainnya.

3. Mampu menyajikan Surat Pemberitahuan (SPT) dan Surat Setoran Pajak (SSP) Pajak Penghasilan (PPh) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

4. Mampu menyajikan Surat Pemberitahuan (SPT) dan Surat Setoran Pajak (SSP) Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn BM) sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

 5. Mampu memilih metode dan melaksanakan prosedur audit perpajakan sesuai dengan standar pemeriksaan yang berlaku. Sementara itu, ada juga beberapa keterampilan umum yang akan didapatkan selama menjadi mahasiswa/i lulusan jurusan Manajemen Pajak, antara lain:

1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku.

2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.

3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.

4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.

5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Pajak

Berikut daftar mata kuliah yang akan dipelajari di salah satu Perguruan Tinggi Swasta terkemuka yakni Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang juga memiliki program studi Manajemen Pajak untuk jenjang D3.

1. Dasar-dasar Perpajakan

2. Ketentuan Umum Tata Cara Pajak

3. PPh Orang Pribadi

4. Aplikasi Komputer Perpajakan (E-SPT)

5. PPh Badan

6. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

7. Analisis Laporan Keuangan

8. Akuntansi Perpajakan 

9. Audit Pajak

10. Manajemen Keuangan

Jurusan yang tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas BSI, sekarang telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk perkuliahan mulai bulan September 2022.

PMB gelombang 1 telah buka dan akan berakhir pada 2 Februari 2022 mendatang. Untuk melakukan pendaftarannya, dapat dengan mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis, atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Disamping itu, Universitas BSI memberikan kemudahan dalam pembayaran kuliah melalui Danacita, dengan sistem cicilan sebesar Rp 600 ribuan perbulannya.