Ini 5 Penyebab Miss V Gatal, Nomor 4 Patut Diwaspadai

Ini 5 Penyebab Miss V Gatal, Nomor 4 Patut Diwaspadai

JAKARTA, iNews.id - Penyebab Miss V gatal biasanya diakibatkan berbagai faktor dari kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Vagina atau Miss V yang gatal memang kerap menjadi masalah bagi sejumlah kaum hawa. 

Tentunya Gatal di area intim tentunya membuat tidak nyaman dan bisa iritasi bila digaruk. Lantas apa sih penyebab Miss V gatal?

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab Miss V gatal. Mulai dari terkena zat tertentu yang mengiritasi, infeksi, menopouse, bahkan hingga penyakit menular seksual.

Sebenarnya, gatal pada Miss V tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Namun, bila gatalnya parah dan tak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau ginekolog di rumah sakit.

Lantas, apa saja penyebab Miss V gatal? Berikut daftarnya, seperti dirangkum iNews.id dari Healthline, Rabu (19/1/2022).

1. Iritasi 

Penyebab Miss V gatal yang pertama adalah iritasi. Zat-zat tertentu bisa menyebabkan vagina Anda iritasi dan gatal. Iritasi ini dapat memicu reaksi alergi yang menciptakan ruam gatal di berbagai area tubuh, termasuk vagina. Beberapa hal ini bisa menyebabkan iritasi; sabun mandi, douche, kontrasepsi topikal, krim, deterjen, pelembut pakaian, hingga kertas toilet.

2. Penyakit kulit 

Penyebab Miss V gatal lainnya yakni adanya penyakit kulit tertentu. Beberapa penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis, dapat menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal di daerah genital.

Editor : Dyah Ayu Pamela

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel: