4 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil, Apa Saja?

4 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil, Apa Saja?
Ilustrasi makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Foto: Thinkstock
Kamu sudah tahu belum apa saja makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil? Sebagai calon ibu kita harus tahu dengan pasti mengenai hal ini supaya enggak sembarangan makan apalagi kalau itu sampai berdampak buruk pada perkembangan janin.

ADVERTISEMENT

Waktu Mama hamil, semua orang nyuruh Mama buat makan sehat. Tetapi sulit banget rasanya untuk menerapkannya apalagi di trimester pertama. Entah karena ngidam, Mama bawaanya pengin jajan di luar terus.

Sebenarnya enggak apa-apa sih kalau mau jajan di luar. Tetapi, kita juga harus memerhatikan apa saja yang kita makan. Ibu hamil juga harus sadar dan tahu apa aja makanan yang sebaiknya enggak dikonsumsi saat hamil.

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan saat Hamil

Ilustrasi makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Foto: Getty Images
Saat hamil, semua makanan yang masuk ke mulut akan dibagikan dengan bayi yang sedang tumbuh. Meskipun beberapa jenis makanan dan bahkan beberapa jenis keracunan makanan mungkin enggak berpengaruh pada si ibu, tetapi mereka dapat membahayakan si kecil, Ma.

ADVERTISEMENT

Untuk itu, kamu perlu tahu apa aja makanan yang sebaiknya dihindari saat hamil. Mengutip Mayo Clinic, berikut 4 makanan yang harus kamu hindari.

1. Makanan Laut Tinggi Merkuri

Makanan laut dapat menjadi sumber protein yang baik. Asam lemak omega-3 dalam beberapa jenis ikan juga dapat meningkatkan perkembangan otak dan mata bayi.

Namun, beberapa ikan dan kerang laut mengandung kadar merkuri yang berpotensi membahayakan bayi. Terlalu banyak merkuri dapat menghambat sistem saraf bayi yang sedang berkembang.

Mama sudah tahu belum kalau semakin besar dan tua ikan, semakin banyak merkuri yang terkandung di dalamnya? Selama kehamilan, Food and Drug Administration (FDA) menyarankan kamu untuk menghindari ikan berikut.

  • Tuna mata besar

Makarel raja

Ikan todak

ADVERTISEMENT

Jadi ikan apa yang aman? Beberapa jenis makanan laut mengandung sedikit merkuri dan sebaiknya dikonsumsi 8 hingga 12 ons (224 hingga 336 gram), dua atau tiga porsi, seminggu selama kehamilan. Ikan yang aman dikonsumsi adalah:

  • Ikan haring

Tuna kalengan ringan

Ikan salmon

Ikan sarden

Tuna putih (albacore) tetapi dibatasi hingga 6 ons (168 gram) seminggu.

Ikan ini juga harus dimasak dengan sempurna ya, Ma supaya enggak ada bakteri yang masih menempel dan terbawa ke perut kalau dimakan.

2. Buah dan Sayuran yang Tidak Dicuci

Ilustrasi makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Foto: Shutterstock

Untuk menghilangkan bakteri berbahaya, cuci bersih semua buah dan sayuran mentah. Hindari kecambah mentah dalam bentuk apa pun, termasuk tauge, lobak, dan kacang hijau yang juga mungkin mengandung bakteri penyebab penyakit. Kalau ingin memakannya, pastikan untuk memasak sayuran sampai matang sempurna.

ADVERTISEMENT

3. Kafein Berlebih

Sebenarnya belum ada anjuran yang menyatakan secara langsung berapa sih takaran penggunaan kafein yang aman selama kehamilan. Tetapi, sebisa mungkin cobalah untuk membatasi jumlah kafein dalam makanan hingga kurang dari 200 miligram (mg) sehari selama kehamilan.

Untuk gambaran, secangkir kopi seduh 8 ons (240 ml) mengandung sekitar 95 mg kafein, secangkir teh seduh 8 ons (240 ml) mengandung sekitar 47 mg dan 12 ons (360 ml) cola berkafein mengandung sekitar 33 mg.

4. Teh Herbal

Ada beberapa penelitian tentang efek herbal tertentu pada perkembangan bayi, Ma. Akibatnya, ibu hamil disarankan untuk menghindari minum teh herbal kecuali jika kamu sudah berkonsultasi dan dokter mengatakan tidak apa-apa.

Itu dia beberapa minuman dan makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil. Buah kamu yang sedang mengandung, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makanan bernutrisi ya demi kesehatanmu dan si kecil.

ADVERTISEMENT