4 Kiat Aman Turunkan Berat Badan Ibu Menyusui, Sukses Diet Tanpa Tersiksa

4 Kiat Aman Turunkan Berat Badan Ibu Menyusui, Sukses Diet Tanpa Tersiksa

Jakarta - Lonjakan berat badan (BB) saat hamil masih terus berlanjut saat menyusui? Ingin segera diet tapi galau karena masih menyusui. Hmm, bagaimana sih cara aman menurunkan BB ibu menyusui ya, Bunda? 


Hasrat menurunkan BB busui mungkin kerap terbendung karena khawatir mengganggu suplai ASI untuk Si Kecil. Padahal, banyak busui juga sudah tak percaya diri dengan kenaikan berat badannya.

Bagi kebanyakan ibu menyusui, keinginan mengembalikan tubuh seperti sebelum kehamilan menjadi hal yang tentunya ingin diwujudkan. Tetapi, hal itu tentu bukan perkara mudah. Apalagi, suplai ASI khawatir terganggu karena terlalu pola makan yang mungkin akan ikut berubah saat jalani program diet.



Menurut ahli gizi di New York, Mary Jane Detroyer, MS, RD, CDN, kebanyakan ahli gizi memang tidak menganjurkan diet saat menyusui. Ini dikarenakan tubuh membutuhkan bahan bakar ekstra untuk membuat ASI sekira 500 kalori setiap harinya.


"Kami merekomendasikan bahwa busui tidak perlu diet ketat untuk memenuhi pasokan susu secara maksimal,"ujarnya seperti dikutip dari laman The Bump.


Secara umum, Shannon David, MD, seorang obgyn di Thomas Jefferson University Hospital di Philadelphia mengatakan bahwa kebutuhan 1.800 - 2.200 kalori sehari merupakan optimal nutrisi secara keseluruhan untuk ibu menyusui.










Banner 5 Ciri Krim Malam Berbahaya5 Ciri Krim Malam Berbahaya/ Foto: HaiBunda/Mia



Bunda pun tak perlu khawatir karena menyusui sendiri sesungguhnya dapat membakar hingga 500 kalori per harinya, seperti dikutip dari laman Very Well Family. Ini artinya, meskipun Bunda tidak makan lebih banyak untuk mempertahankan menyusui, Bunda masih bisa menurunkan BB ibu menyusui.


Rata-rata, jika Bunda mengonsumsi kalori yang disarankan setiap harinya dan menyusui secara eksklusif, Bunda akan kehilangan 1 pon setiap satu atau dua minggu. Kedengarannya mungkin tidak terlalu banyak tetapi penurunan badan yang stabil dan bertahap lebih aman dan lebih sehat. Plus, Bunda akan lebih mungkin mempertahankan BB jika menurunkannya secara bertahap.


Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Namun, penting juga mengetahui hal yang dilarang busui terkait diet. Klik video di bawah ini:


[Gambas:Video Haibunda]